Pages

Minggu, 20 Februari 2011

tentang Rosululloh..

Sebagai pengingat kita semua khususnya aku sendiri tentang sosok Rosululloh,, belakangan ini aku rindu dengan Rosululloh. ada perasaan ingin mengenal lebih dekat dengan beliau. alhasil baca buku tentang beliau dari hasil meminjam. terimakasih yang sudi meminjami serta berbagi ilmu denganku :)
sedikit ringkasan yang aku ambil,, sayangnya lupa mencantumkan nama orang yang kukutip :(

>> Rosululloh membagi waktunya menjadi 3 bagian, yaitu:
  • Untuk ALLOH
  • Untuk Keluarganya
  • Untuk dirinya, dibagi 2 lagi, yaitu untuk dirinya sendiri dan untuk umatnya/masyarakat.
>>Perilaku Rosululloh terhadap orang-orang yang bersama beliau dalam 1 majelis.
  •  Rosululloh adalah orang yang selalu ceria, supel, santun, tidak kasar dan bengis, tidak suka berteriak-teriak, tidak suka berkata kotor, tidak suka mencaci dan tidak pula kikir.
  • Rosululloh meninggalkan untuk dirinya 3hal, yaitu:
          "Berdebat kusir, bersikap boros*, dan meninggalkan segala yang tidak bermanfaat." [*boros berbicara dan boros menggunakan harta. dalam riwayat yang lain menyebutkan "tidak suka membanggakan diri sendiri."]

>> "Rosululloh tidak pernah berbicara cepat seperti kalian ini. akan tetapi beliau berbicara sepatah demi sepatah dengan jelas dan rinci sehingga bisa dihapal oleh orang-orang yang hadir disekitar beliau."
"Rosululloh bila berbicara selalu mengulang-ulang ucapannya sampai tiga kali sehingga bisa dimengerti."

>> "Abu Bakar pernah bertanya kepada Rosululloh: "Wahai Rosululloh, mengapa anda beruban?" Beliau menjawab: "aku menjadi beruban karena memikirkan surat Huud, Al-Waqi'ah, Al-Mursalaat, 'Amma yatasaa-alun [an-naba], dan Idza Asy-syamsu kuwwirat [at-takwir]."

>> Dari Aisyah, ia berkata: "Apabila Rosululloh menuju pembaringannya setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangannya, lalu meniupnya sambil membaca: Al-Ikhlas, An-Naas, Al-Falaq, kemudian mengusapkan kedua telapak tangannya itu ke sekujur tubuhnya, dimulai dari kepala dan wajahnya serta tubuh bagian depan. Demikian beliau mengulanginya sebanyak 3 kali."


semoga bermanfaat (",)


dari buku karakter dan kepribadian Rosululloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siLahkan tinggaLkan komenTaR anda di siNi